Jenis Tanaman Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi

jenis aglaonema

Jenis Tanaman Aglaonema Yang Mempunyai Nilai Tinggi

Jenis Aglaonema :  merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mempunyai pesona dan keindahan yang sangat menarik. Bisa dikatakan untuk merawat jenis tanaman aglaonema ini cukup mudah akan tetapi jika tidak serius dan merawatnya dengan sembarangan, tanaman ini tak akan tumbuh dengan hasil yang optimal. Oleh karena itu untuk mendapatkan tanaman hias Aglaonema yang mempesona diperlukan usaha perawatan dan pemeliharaan Aglaonema dengan

tepat. Pada artikel sebelumnya Ilmu Budidaya telah menjelaskan Cara Menanam Bunga Aglaonema jika anda berminat untuk membudidayakannya bisa membaca artikel tersebut.

Tanaman hias Aglaonema memiliki beberapa jenis varian, namun walaupun jumlah varinya sangat banyak tetap saja terdapat ciri khas dari tanaman ini. Ciri yang mudah ditemukan pada tumbuhan ini dapat dilihat pada daunnya, daun dari tanaman aglaonema selalu memiliki warna bercak hijau di sela-sela daunnya. Umumnya akan banyak jenis bunga dari hasil perkawinan silang antar bunga aglaonema ini. Karena warnanya yang indah, nilai ekonomis yang cukup tinggi, dan permintaan pasar yang tinggi, tanaman hias ini menjadi primadona dikalangan orang-orang yang hobi berk

ebun. Berikut ini 10 jenis Aglaonema yang memiliki nilai tinggi :

Aglaonema Black Lipstick ( Bibit kisaran 80 ribu )

Aglaonema jenis Black Lipstick ini memiliki keindahan seperti aurora pada kutub selatan. Jenis Aglaonema Black Lipstick memiliki ciri khas pada warna sembur hijau merahnya dan tekstur daunnya yang unik. Jenis ini sangat populer dan menjadi favorit pecinta tanaman hias karena perawatannya cukup mudah. Black Lipstick cukup mudah perawatannya, dengan harga bisa mencapai lebih dari 170 ribu keatas, tidak dapat dipungkiri bahwa tanaman hias ini adalah jenis aglaonema yang mempunyai nilai tinggi.

Aglaonema All Star Red ( Bibit kissaran 90 ribu )

Tanaman Aglaonema jenis All Star Red merupakan salah satu jenis yang paling banyak diperjual-belikan pada situs marketplace Indonesia. Tanaman ini memiliki nama All Star Red dikarenakan hampir pada seluruh bagian tubuhnya berwarna merah dengan sedikit kehijauan pada ujung daunnya. Aglaonema All Star Red ini mempunyai nilai tinggi karena daya minatnya tinggi, berwarna cantik, dan hanya optimal tumbuh pada ketinggian 300 sampai dengan 400 meter diatas permukaan laut. Biasanya orang-orang membeli jenis ini sebagai tanaman indoor dikarenakan tanaman ini menyukai pencahayaan yang tidak terlalu intens dan teduh, selain itu warnanya memberikan aksen yang cerah dan segar pada ruangan anda. Jika anda seorang pemula dan ingin memulai melakukan budidaya tanaman hias, anda wajib membaca artikel 5 Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula.

Aglaonema Bidadari ( Bibit kisaran 100 ribu )

Tanaman hias jenis ini merupakan varietas hybrid dari Thailand dengan daun mirip bentuk hati dan warna perpaduan antara pink, kuning, dan sedikit hijau. Karena karakter yang khas ini, aglaonema bidadari mudah dikenali dan tergolong tanaman yang memiliki nilai tinggi. Perawatannya sama dengan jenis aglaonema yang lain, tumbuh optimal bila diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari yang teduh. Untuk media penanaman lebih baik anda mengunakan tanah humus atau kompos dengan pot berukuran diameter sekitaran 20-30 cm. Penyiraman Aglaonema Bidadari dilakukan dua kali sehari secara rutin dan dilakukan pemupukan sebulan sekali dengan pupuk daun. Bagi beberapa orang yang berusaha membudidayakan tanaman hias sering sekali kualitas yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Jika anda ingin melakukan penanaman agar kualitas tanaman baik, berikut Cara Membuat Bibit Tanaman Hias Agar Kualitasnya Bagus.

Aglaonema Pride Of Sumatra ( Bibit kisaran 95 ribu )

Aglaonema Pride of Sumatera merupakan jenis aglaonema hybrida pertama yang memiliki warna merah. Aglaonema jenis ini mulai populer pada tahun 1985-1990an. Pride of Sumatera memiliki ke-khas-an yang mudah dikenali, warnanya merah kehijauan dengan punggung daun berwarna merah tua menyebabkan pride of sumatera langsung digandrungi para pecinta aglaonema. Pada dasarnya warna merah yang dimiliki Aglaonema Pride of Sumatera merupakan hasil turunan oleh Aglaonema Rotundum yang berasal dari Aceh. Karena peminat yang banyak dengan warna yang memukau aglaonema jenis ini merupakan jenis aglaonema yang memiliki nilai tinggi. Pride of Sumatera sebenarnya bukan jenis aglaonema hibrida yang pertama dilahirkan dari persilangan antar jenis aglaonema. Pada sekitaran tahun 1980-an banyak dihasilkan persilangan akan tetapi hasil persilangan yang banyak dijumpai pada saat itu adalah tipe dengan daun hijau.

Aglaonema Super White ( Bibit kisaran 125 ribu )

Tanaman hias Aglaonema Super White adalah jenis aglaonema yang memiliki daun dengan dominan warna putih dengan sedikit aksen hijau pada tepi daun dan tulang daunya (oleh karena itu disebut super white). Pada umumnya jenis ini digunakan untuk dekorasi indoor dikarenakan warnanya yang nyentrik berbeda dengan tumbuhan-tumbuhan lainnya, cocok digunakan untuk memberikan kesan bersih dan segar pada ruangan anda. Tingkat kelangkaan yang tinggi dan permintaan yang banyak menjadikan jenis ini salah satu aglaonema yang memiliki nilai jual yang tinggi. Warna putihnya seringkali digunakan untuk melengkapi dekorasi minimalis karena memberikan efek futuristik. Selain itu tanaman ini juga kadang digunakan sebagai eksperimen untuk disilangkan dengan jenis yang lain.

Pada dasarnya tanaman hias Aglaonema merupakan tanaman yang memiliki nilai yang tinggi dikarenakan banyak sekali jenis dan warna daun yang memukau. Oleh karena itu tanaman ini sangat digemari para pencinta tanaman hias, selain memberikan nilai estetika juga memberikan nilai ekonomis.

 

Aglaonema

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Beli Aglaonema