Media Tanam Aglaonema

Media Tanam Aglaonema

Media Tanam Aglaonema : ideal untuk aglaonema sama pentingnya seperti manusia membutuhkan tempat tinggal dan pakaian yang layak. Media tanam yang ideal membuat aglaonema dapat tumbuh secara optimal, daun, pondasi akar, dan warna pun terlihat mantap.

Media tanam ideal

Penampilan tanaman aglaonema, misalnya aglaonema pride of sumatera, tiara, lady valentine, atau snowhite di toko-toko bunga hidup atau di tempat lain memang biasanya terlihat lebih prima dibandingkan dengan milik kita sendiri.

Tanaman aglaonema terlihat segar dan subur, ditandai dengan daun yang sehat dan mengeluarkan pantulan cahaya mengkilap. Semua itu dikarenakan racikan media tanam yang tepat dan berkualitas.

Idealnya, tidak disarankan untuk memakai media tunggal seperti tanah atau pasir untuk tanaman aglaonema. Media tanaman sebaiknya dikombinasi atau dicampur dengan bahan atau media tanam lain. Banyak pakar yang berpendapat bahwa pasir justru sulit menyerap air. Padahal, air sangat penting bagi aglaonema.

Membuat media tanam yang ideal untuk aglaonema dapat dilakukan dengan campuran pasir, pakis, dan kaliandra dengan perbandingan 3 : 1 : 2. Kedua, dapat dengan campuran cocopeat, sekam, dan pasir malang dengan perbandingan 1 : 2 : 1.

Kemudian dengan campuran sekam, kompos, cocopeat, dan pupuk kandang masing-masing di antaranya memiliki perbandingan2 : 2 : 1 : 1.

Dengan racikan tersebut, media tanam akan berimbang dan dapat merangsang pertumbuhan aglaonema secara optimal. Selain itu, diperlkukan juga pendukung lainnya untuk memaksimalkan hasil seperti perawatan dan perhatian yang maksimal untuk aglaonema kesayangan Anda.

 

Agloanema tanaman yang susah – susah gampang untuk di budidayakan, beberapa kasus gagal pembudidayaan aglaonema yang paling sering adalah aglaonema kerdil dan busuk akar, jika hal tersebut adalah permasalahan yang sering di hadapi coba ganti media tanam dengan bahan – bahan berikut :

1. Sekam padi

2. Sekam bakar

3. Cocopeat

4. Akar pakis

5. Pupuk organik yang sudah di fermentasikan

Aglaonema merupakan tanaman yang tidak menyukai media tanam padat seperti tanah, namun bukan berarti media tanam yang kita gunakan metiadakan tanah, pemberian tanah tetap dilakukan cuman dengan kadar pembanding yang sedikit.

Perbandingan media tanam yang baik adalah :

– Sekam padi/bakar 1 bagian/takaran
– Cocopeat 1 bagian/takaran
– Akar pakis 1 bagian/takaran
– Pupuk organik 1 bagian/takaran
– Tanah gembur 1 bagian/takaran

catatan : besaran takaran di sesuaikan dengan kondisi pot

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Beli Aglaonema