Pupuk yang bagus untuk Aglaonema

pupuk aglaonema

Pupuk yang bagus untuk Aglaonema

PUPUK AGLAONEMA : Kembali membahas pupuk untuk tanaman. Kita sudah mengetahui beberapa jneis pupuk yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang berbagai fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya. Bunga merupakan salah satu komoditas tanaman budidaya yang banyak dijual di daerah perkotaan.

Salah atu bunga yang sering dijadikan tanaman hias adalah aglaonema. Agar aglaonema tumbuh subur dengan tampilan menarik, maka tanaman aglaonema sebaiknya dirawat dengan benar. Salah satunya adalah dengan memberikan pupuk yang tepat. Untuk kita kita akan mempelajari tentang jenis pupuk dekastar untuk aglaonema.

Pupuk Dekastar

Lalu apa pengertian dari pupuk dekastar itu sendiri? Sebenarnya pupuk dekastar adalah sama hal nya dengan pupuk majemuk lainnya. Pupuk ini memiliki keunggulan yaitu berupa penambahan unsur hara mikro dan asam humat didalamnya sehingga menjadikan pupuk ini mampu menyuburkan tanah dengan cara mengikat unsur hara lebih lama (slow release) dan juga lebih mudah untuk diserap tanaman karena telah mengandung asam humat.

Pupuk dekastar sangat cocok untuk diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman mulai dari persemaian hingga pohon dewasa. Penggunaan pupuk dekastar pada tanaman bunga kini juga menjadi trend karena dianggap sangat efisien dan menunjukkan hasil yang nyata dalam waktu singkat.

Oleh karena itu kini pupuk dekastar mulai banyak diproduksi dengan berbagai jenis dan takaran degan tujuan menyesuaikan pada jenis dan fase pertumbuhan tanaman. Pupuk dekastar tentu juga bagus untuk tanaman aglaonema. Berikut adalah jenis pupuk dekastar yang cocok untuk tanaman aglaonema. Baca juga Cara Menanam Manggis

1. Pupuk Dekastar 13-13-13

Bagi anda yang menanam tanaman aglaonema sejak kecil maka pupuk dekastar 13-13-13 sangat cocok untuk dijadikan pupuk dasar bersama pupuk organik.

Kandungan N-P-K dengan konsentrasi 13-13-13 ini sangat cocok untuk fase awal pertumbuhan karena masih seimbang. Pada pupuk dekastar 13-13-13 ini selain N-P-K juga terdapat kandungan lainnya yaitu makro sekunder Magnesium (Mg) dan unsur mikro seperti Boron (B), Tembaga (Cu), Mangan (Mn) dll. Baca juga Cara Menanam Sirsak

Tanaman aglaonema yang masih berusia 0-2 bulan bisa secara rutin dkocor dengan pupuk dekastar 13-13-13 setiap 10 hari sekali. Yang pertama terlihat adalah daunnya menjadi lebih segar dan terlihat cerah. Selanjutnya pertumbuhan aglaonema menjadi sangat pesat. Pemberian pupuk dekastar 13-13-13 ini bisa diganti dengan dekastar yang lain ketika sudah lewat 2 bulan.

2. Pupuk Dekastar 17-11-10

Selanjutnya jenis pupuk dekastar untuk aglaonema adalah dekastar 17-11-10. Dirancang dengan konsentrasi nitrogen yang tinggi menjadikan pupuk ini sangat cocok disebut sebagai pupuk daun.

Tanaman aglaonema yang sudah dewasa memiliki ukuran daun yang lebih luas sehingga untuk menjaga tampilannya maka harus diberi nutrisi daun yang lebih yakni nitrogen. Dengan kadar nitrogen lebih banyak yaitu hingga 17% maka pupuk dekastar 17-11-10 ini menjadi pilihan terbaik untuk menjaga nutrisi tanaman aglaonema dewasa.

Untuk kandungan keseluruhn dari pupuk dekastar 17-11-10 ini hampir serupa dengan dekastar 13-13-13 hanya saja berbeda pada konsentrasi unsur hara makro N,P,K nya saja. Penggunaan pupuk ini sebaiknya dengan cara dikocorkan atau dibenamkan disekitar area perakaran tanaman aglaonema. Baca juga Cara Mencangkok Pohon Tin

3. Pupuk Dekastar 18-9-10

Untuk tanaman aglaonema yang sudah besar bahkan tua maka pupuk dekastar yang dipakai sebaiknya adalah dekastar 18-9-10. Ini karena kandungannya lebih terfokus kepada nitrogen. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa nitrogen ini adalah unsur hara makro yang berfokus dalam memacu perkembangan daun tanaman. Jadi daun tua yang gugur akan segera tergantikan dengan daun baru.

Penggunaan pupuk dekastar 18-9-10 ini juga bisa dilakukan dengan metode kocor ataupun ditaburkan disekitar akar lalu ditutup dengan tanah. Hal yang perlu diperhatikan pada penggunaan pupuk ini adalah bahwa penggunaannya lebih cocok ketika dimusim kemarau dan agar tidak diaplikasikan ketika musim penghujan. Kandungan nitrogen yang tinggi didalam pupuk ini bisa memicu jamur patogen.

Sebagai solusinya maka ketika musim penghujan anda bisa memberikan pupuk dengan kandungan rendah nitrogen seperti MKP dan lain-lain. Baca juga Cara Menanam Durian

4. Pupuk Dekastar 6-13-25

Nah, untungnya ada pupuk dekastar yang dibuat dengan kadar nitrogen rendah yaitu pupuk dekastar 6-13-25. Meski sebenarnya pupuk ini dirancang untuk merangsang buah, namun pupuk ini juga bisa dimanfaatkan untuk memupuk tanaman bunga seperti aglaonema terutama ketika musim penghujan tiba.

Namun bukan berarti pupuk ini tidak bisa dipakai dimusim kemarau. Kandungan kalium juga berperan penting untuk meningkatka daya tahan tanaman dimusim kemarau.

Kalium diketahui merupakan unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman karena manfaatnya untuk mengatur proses buka tutup stomata untuk menjaga penguapan air. Dekastar ini juga cocok untuk dijadikan pupuk dasar bersama pupuk organik ketika menanam aglaonema.

Bijaksana Dalam Menggunakan Pupuk Dekastar

Meskipun manfaat dari pupuk dekastar sangatlah banyak, namun bukan berarti kita bisa menggunakannya sesuka hati. Sebaiknya kita tetap memperhatikan dosis dan petunjuk penggunaan yang tertera dilabel kemasan. Hal ini didasarkan bahwa pupuk dekastar ini adalah pupuk anorganik yang jika digunakan secara berlebihan malah justru menyebabkan degradasi unsur hara dalam tanah.

Misalnya kandungan phospat yang berlebihan bisa menyebabkan tanah keras dengan pH yang tinggi. Efek selanjutnya bisa mengganggu aktivitas bakteri pengurai yang hendak menguraikan pupuk sehingga baiknya tidak diberikan dengan terlalu sering atau berlebihan.

Tiap produsen memiliki standar yang berbeda dalam kandungan hara pada pupuk dekastar buatannya. Sehingga ada yang menjual pupuk dkastar dengan harga cukup tinggi dan ada juga yang menjualnya dengan harga terjangkau. Jadi jangan terkejut jika anda membeli pupuk dkastar ternyata harganya mahal karena biasanya ada berbagai manfaat lebih yang ditawarkan oleh produsen. Jadi cermat dan telitilah sebelum membeli.

Semoga artikel tentang jenis pupuk dekastar untuk aglaonema ini bermanfaat bagi anda untuk memberikan pupuk yang tepat pada tanaman aglaonema anda. Selain ini anda juga bisa membaca artikel kami yang lain seperti cara menanam jeruk dan cara menanam jambu biji. Salam budidaya

 

AGLAONEMA

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Beli Aglaonema