Tips Perawatan Aglaonema Tumbuh Subur

Tips Perawatan Aglaonema Tumbuh Subur

Perawatan Aglaonema : Apakah Anda membutuhkan tips perawatan agar aglaonema tumbuh subur? Aglaonema merupakan tanaman hias yang memiliki daun sangat menarik. Ada yang berwarna hijau dengan bintik-bintik putih, hijau yang dihiasi warna kuning, sampai hijau kemerah-merahan. Tidak mengherankan bila ada banyak sekali taman-taman khususnya di perkotaan yang dipenuhi dengan aglaonema.

Untuk mendapatkan aglaonema yang indah, Anda harus memelihara dan merawatnya secara rutin. Kebetulan tumbuhan ini mudah sekali beradaptasi dengan lingkungannya serta tidak memerlukan bentuk perawatan yang rumit. Namun demikian, aglaonema yang dirawat dengan benar tentunya akan memiliki keindahan yang lebih baik daripada tanaman yang dipelihara secara asal-asalan. Jadi pertanyaannya adalah bagaimana sih caranya merawat aglaonema yang benar? Jawabannya ada di bawah ini!

Tips 1 : Media Tanam yang Tepat

Media tanam yang paling tepat sebagai tempat pertumbuhan tanaman aglaonema adalah campuran tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan sekitar 2:2:1. Usahakan agar media tanam tersebut mempunyai tingkat keasaman yang netral antara 6-7. Masukkan pecahan genteng ke dalam pot sebagai alas penahan media tanam. Setelah tercampur rata, media tanam tadi dimasukkan ke dalam pot hingga memenuhi 3/4 dari total volumenya.

Tips 2 : Frekuensi Penyiraman yang Pas

Mengingat tanaman aglaonema sangat menyukai air, Anda bisa menyiramnya setiap hari. Siramlah tanaman ini sampai media tanamnya tergenangi air. Penggunaan air sumur jauh lebih baik daripada air dari PDAM yang notabene mengandung kaporit. Sebab dalam jangka waktu yang lama, air akan mempengaruhi tingkat kecerahan warna pada daun aglaonema.

Tips 3 : Pemupukan dengan Pupuk yang Benar

Untuk menjaga tingkat kesuburan media tanam, paling tidak Anda harus memberikan pupuk susulan setiap 3 bulan sekali. Berikan pupuk organik secukupnya dan pupuk yang dapat menyuburkan pertumbuhan daun tanaman. Anda pun dapat memanfaatkan air cucian beras sebagai pupuk alami. Hati-hati saat memberikan pupuk ini, jangan sampai mengenai batang utamanya.

Tips 4 : Peletakan Tanaman

Kebanyakan tanaman aglaonema akan tumbuh subur apabila ditaruh di tempat yang lembab. Meskipun tumbuhan ini juga menyukai cahaya matahari, namun aglaonema akan mengering dan berwarna kecoklat-coklatan jika lingkungannya terasa panas. Jadi sebaiknya Anda mengeluarkan tanaman ini di tempat yang terbuka pada waktu pagi hari. Kemudian memindahkannya di tempat yang teduh saat matahari sudah bersinar terik.

Tips 5 : Pencucian Daun Aglaonema

Keindahan utama aglaonema terletak di daunnya. Agar daun tersebut tampak semakin indah dan mengkilap, Anda perlu mencucinya secara berkala. Siapkan air, susu,dan ampas kelapa lalu campurkan bahan-bahan tersebut di dalam mangkuk. Ambil sejumput campuran ini, kemudian gosokkanlah ke permukaan daun aglaonema sampai merata. Setelah menunggu selama 15-30 menit, Anda bisa membilasnya dengan air yang mengalir.

Dengan rutin melakukan tips perawatan aglaonema di atas, niscaya aglaonema-aglaonema yang Anda miliki akan tumbuh subur.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Beli Aglaonema